Sabtu, 14 April 2018

Es Kepal Milo Tapi Hilo

Saat ini perkulineran Indonesia telah digemparkan dengan sajian es kepal milo yang sangat viral sekali. Di mana-mana sajian es ini disajikan dengan berbagai macam ukuran dan topping. Soal rasa ya pastilah menyegarkan dengan bahan utama serutas es batu dengan lelehan susu milo. Eits maaf loh bukan maksud promosiin merk susu loh ya!



Asal-usul Es Kepal Milo

Hayo mulai penasaran kan seperti apa es kepal milo itu dan cara membuatnya? Sebelumnya yang perlu kalian ketahui sebelum es ini viral dan dipasarkan di Indonesia ini banyak yang mengaakan bahwa es kepal milo ini berasal dari Malaysia mungkin karena produk tersebut diproduksinya di sana tentu dengan rasa yang khas banget. Di sana es kepal milo disebut ais kepal milo. Pada prosesnya es batu dengan ukuran sedang diserut dengan suatu alat ada juga yang hanya dengan diparut menggunakan kayu berisi pisau tajam di bawahnya namun alat ini jarang ada yang pakai. Selanjutnya mencampurkan susu milo ini dengan susu kental manis coklat. Setelah menjadi karamel dengam bau susu yang khas dituangkanlah campuran susu ini ke atas serutan es bau tadi yang dibentul menjadi bentuk kepalan. Namun, beberapa penyajiannya ada yang menggunakan aneka topping.

Harga es kepal Milo

Nah, saat ini di stand minuman manapun menawarkan sajian es kepal milo dengan berbagai ukuran dan topping yang beragam. Bagi kalian yang penasaran rasanya maka wajib untuk segera berkunjung ke stand minuman yang menjual es kepal milo di depan toko/ stand di pusat perbelanjaan dekat rumah kalian. Apalagi di saat viral seperti sekarang pastilah di bulan Ramadhan banyak menjamur pedagang es kepal milo di mana-mana untuk sajian berbuka puasa yang sangat menyegarkan.


Meskipun sejumlah pedagang menggunakan kualitas bahan yang premium, tidaklah mahal ketika mematok harga 1 cup/ 1 gelas es kepal milo. harga es kepal Milo tidaklah mahal. Umumnya para pedagang es kepal milo di Jember kisaran harga yang dipatok mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 15.000 hal ini sesuai dari ukuran cup dan tambahan topping yang kalian suka. Beberapa topping yang disajikan di pasaran es kepal milo seJember misalnya remahan/ bubuk oreo, potongan kacang, coklat meises atau warna-warni, cereal choco crunch, cereal star, cereal chips warna-warni, keju parut, marsmallow, jelly yupi, paling utama adalah bubuk milo sendiri sebagai taburan topping yang wajib untuk menambah cita rasa es kepal itu sendiri.

Cara membuat es kepal milo tapi hilo 

Yuk kita bisa membuat sendiri es kepal milo tapi saya ganti hilo karena susu bubuk persediaan di rumah hanya  ada susu hilo. Cara membuat es kepal hilo sangatlah mirip dengan cara membuat es kepal milo dan sangatlah mudah dicoba. Mari kita siapkan beberapa bahannya:
1. Es batu

Bahan utama ini sangatlah wajib ada, kalian bisa menggunakan es batu yang ukuran sedang lalu dihancurkan dengan uleg sampai berbentuk seperti pasir (jika kalian tidak mempunyai alat serut es bau). Paling mudah ya sepertiku saja tinggal mengeruk dinding frezeer kulkas menggunakan sendok kayu ya sesuaikan selera kalian. Ingat jangan terlalu keras dan kencang ketika mengeruk bunga es di frezeer!

2. Bubuk Hilo

Pilihlah susu bubuk cokelat hilo sachet atau bisa yang pack kardus ukuran 200gr. Ambilah 3/4 sendok makan (aku menggunakan 2 sachet hilo).  Tolong jangan salah pilih ya bukan susu hilo yang cair


3. Susu kental manis cokelat
Lalu siapkan susu kental manis merk indomilk yang rasa coklat. Ambillah susu kental manis 3 sendok makan. Susu bubuk coklat hilo dengan perpaduan susu kental manis coklat Indomilk akan membuat rasanya menjadi legit dan karamel di lidah. Selanjutnya es kepal milo tapi nyatanya susu hilo dapat disajikan. Mudah sekali, cepat saji, dijamin seenak es kepal milo di pasaran!




Baca juga : Kenangan usaha online shop

Rekomendasi es kepal di Jember

1. Ais Kepal Milo-Jalan Nias Jember

2. Es Kepal Milo My Lav-Jalan Kalimantan Jember
3. Es Kepal Milo DPR-Bunderan DPR
4. Es Kepal Milo Cubitters-Jalan Mastrip Jember


Reactions:

6 komentar:

  1. Es kepal yang lagi viral nih haahaha aku udah coba beberapa varian, tp ga bisa sering2 juga karna kalorinya tinggi banget, kebetulan aku juga g suka yg manis2, hihihi

    Meta,
    www.ursula-meta.com

    BalasHapus
  2. Ya kak variannya banyak banget namun 1 varian saja sudah nggak kuat habisin karna gigi ngilu kena dingginnya es serut. Selamat datang di blog saya kak^^ dan terima kasih atas kunjungannya^^

    BalasHapus
  3. Oh ternyata dari Malaysia ya makanya kok tulisannya "ais" dari pada es. Sudah sampai Bali nih es kepal milo, kirain pakai es krim ternyata pakai serutan es batu toh!
    Kok banyak yang bilang enak ya padahal kelihatannya biasa saha hehehe. Saya belum coba sih, karena saya nggak tinggal di kota besar, jadi di sekitar rumah saya belum ada yang jual tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sepertinya memang biasa saja hanya saja setiap orang punya selera sendiri-sendiri jadi ada yang ketagihan es kepal dan ada yang juga tidak. Jujur saya sendiri kurang terarik karena mikirnya susu milinya hanya sepersekian persen saja dari seiap porsinya berarti yang kita beli lebih banyak es serutnya. Salam kenal.

      Hapus
  4. Aku dah pernah coba es kepal milo ini kak.. jujur biasa aja rasanya...dan gak ketagihan yang gimana gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur saya sendiri belum pernah mencoba membeli es kepal. Karena sepemikiran saya ngapain bayar mahal lah yang dijual sebagian besar es batu yang diserut sedangkan susunya hanya sepersekian persen di setiap porsinya^^

      Hapus