Selasa, 05 September 2017

Obrolan Inspiratif Blogger Perempuan di Greenhill Hotel Jember

Awalnya saya mikir ada apa sih kok di grup rame banget? Scroll up terus apa sih penyebabnya, eits ternyata ada informasi "Ngobcan Blogger Perempuan x BJS". Ada yang tau Blogger Perempuan itu apa? BP itu Blogger Perempuan yang didirikan oleh tiga perempuan dengan berbeda latar belakang keahlian dalam dunia blogger. Kesempatan emas di hari weekend (27/08/2017) saat itu bisa santai dan ngobrol cantik bersama Blogger Perempuan yang rela keliling-keliling dan berkunjung ke Jember juga. Dari ketiga perempuan tersebut yang hadir saat ngobcan (ngobrol cantik) adalah Mbak Shintaris dan Mbak Almazia hem pokoknya TOP BGT rek. Yuk kepoin siapa mereka!

Sesi pertama, MC mengawali acara dengan menayangkan profil dari Blogger Perempuan dan berlanjut ke perkenalan dari peserta acara ngobcan Beragam latar belakang dari mereka khususnya yang paling menculik hai mereka kebanyakan sama sepertiku hadir sebagai blogger pemula (newbe), paling berkesan dari mereka berharap acara ini dapat menginspirasi untuk mereka yang ingin mengubah blog yang gratisan menjadi blog yang profesional alias dengan kualitas yang kompeten untuk menjadi blog profesional. 



Materi selanjutnya oleh Mbak Shintaries, adakah yang belum tau mbak ini siapa, dipersilahkan keppo yak klik sini saja. Pertama memandang mbak ini wah begini ya orang Jakara yang kata-katanya sebagai blogger profesional, apa yang dibahas pasi berhubungan dengan dunianya ibu-ibu ya. Eh ternyata salah sangka, ternyata mbak ini membahas hal yang berhubungan bagaimana merias blog newbe menjadi blog profesional. Simak loh ya, ini loh rahasianya agar bisa menjadi mbak Shontaries wanna be: 
a. Template yang jelas
Pernahkah kalian dulu sering menemukan atau menseting blog kalian dengan aksesoris salju/ daun/ ikan-ikan? semua terhening dan tidak lama ketawa-ketiwi mungkin dengan membatin kok tau sih hehe. Lah itu yang bikin pengunjung galau mau terus membaca atau menutup tab blog anda, so jangan memilih ataupun menseting blog kalian seperi itu lagi ya. Yuk mulai sekarang pilih template yang jelas artinya 80% dari blog kalian berlatarbelakang misal putih dan tulisannya terlihat kontras. Jangan lupa hilangkan aksesoris blog yang membuat tampilan blog kalian tidak dapat fokus pada postingan tulisan penulis.
b. Budayakan wajib update blog (layaknya update status)
Yuk para blogger yang sering kesana-kesini untuk baca blog orang lain yuk mulai sekarang update ppostingan layaknya status di blog kalian ya. Usahakan sesuai dengan tema blog kalian ya dan diperlukan konsistensi juga jika memang isinya campur aduk seperti milik Mbak Shinaries pilih saja tema blog life style.
c. Nama blog mudah diingat
Sekarang sudah tidak jamannya lagi ngeblogging alay-alay'an loh, kalian inge dulu friendster atau facebook kalian pakai nama alai misalnya akumilikidirimuselalu. Untuk saat ini tinggalkan kealay'an itu ya yuk domainkan juga blog kalian dengan maksimal 3 huruf, mudah diingat juga ya.
d. Rajin Blogwalking
Kalian tau apa itu blogwalking? Blog walking itu artinya kita banyak berkunjung ke blog orang lain dan jangan lupa tinggalkan jejak blog anda dengan mengomentari blog yang anda kunjungi. Semakin banyak link blog kalian akan meningkatkan kualitas blog anda sendiri.
Tak lupa mbak ini membahas mengenai DA dan PA, istilah ini ak lain adalah  parameter yang digunakan oleh pengusaha/ perusahaan untuk memilih calon blogger yang berkompeten dan berkualitas (alias blog profesional). DA atau Domain Authority akan semakin meningka apabila kita mendapatkan banyak jejak blog orang lain/ backlink yang recomended.

Obrolan inspiraif ini dilanjutkan oleh mbak Alma yang membahas bagaimana sih mendapatkan relasi antar blogger dan mendapatkan tawaran sponsor layaknya yang diceritakan mbak Shintaries. Mbak Alma menjelaskan bahwa Blogger Perempuan memfasilitasi blogger untuk mendapatkan relasi yang menginspirasi sehingga disarankan untuk join di web, facebook, fanpage, instagram Blogger Peremuan, dan juga di web BP Network. Selain menjaga relasi BP juga menyediakan forum yang memperbolehkan pria untuk bergabung yakni di web BP Netwrok (logo warna hitam) dan BP Network menyediakan juga informasi dari berbagai sponsor untuk menggaet blogger-blogger agar dapat bekerjasama. 

Wah nggak menyangka juga obrolan ini inspiratif apalagi nyaman juga untuk tidak dilewakan karena selama acara ini saya dapa browsing apapun link yang disarankan mbak Shintaries. Fasilitas LCD pun juga mendorong saya untuk mengagumi bahkan ingin mengikui jejak mbak Shintaries yang menggambarkan proses blognya dengan menayangkan di layar viewer LCD, eits meskipun ternyata di dalam ruangan pertemuan Greenhill Hotel Jember sudah lebih dari 2 jam ya nyaman gitu karena berada di ruangan berAC. Akhir dari obrolan inspiraif ini dengan mengumumkan reward unuk pesera dan dilanjutkan istirahat untuk menikmati hidangan makanan yang disediakan. Oya tak lupa berfoto-foto dengan srikandi BP hehe semoga nular eksisnya Mbak Shintaries dan mbak Alma yang menjadi blogger profesional itu.



Reactions:
This entry was posted in

8 komentar:

  1. Materi yang disampaikan mantep banget ya mbak, duhhhh moga ada bfinian lagi yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kesempatan emas banget ya, semoga ada kayak gitu lagi

      Hapus
  2. Mau banget dong ketularan menjadi blogger pro seperti mereka hihi. Masih terus belajar untuk konsisten update blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mbak, semoga bisa ngedotcom blog ini seperti punya mbak^^.

      Hapus
  3. Ini aku lagi blogwalking. Memang blogwalking tuh selain jalin silaturahmu dan membuat blog kita semakin dikenal baik, juga bisa ajang cari ide loh. Semakin banyak baca tulisna orang, ide kadang datang-datang sendiri. Minimal kita bisa menulis tema serupa dengan sudut pandang kita sendiri. :)
    Nice share, Noyaa cantik!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak emang bener kadang kepoin blognya ibu2 kadang juga ngepoinnya acak. Hehe tapi belum bisa konsisten ^^.

      Hapus
  4. Inspiratif sekali yaa noy acara ngobrol cantiknya bareng Blogger Perempuan! :)
    Aamiin, mau juga nih ketularan eksisnya menjadi seorang blogger profesional. Semogaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dirimu mah sudah eksis dari dulu sedangkan aku masih seumuran bayi yang wajib ngASI dulu biar nutrisinya kayak dirimu komplit sembarangane ^^

      Hapus